Aspek Hukum Startup – Bagian 0: Pendahuluan

Jika anda membaca artikel ini, mungkin anda adalah pebisnis startup yang sedang menjalankan bisnis anda, atau calon pebisnis startup yang sedang mempelajari tips dan trik bagaimana agar bisnis anda dapat dimulai, berjalan dan tentunya berkembang. 

Dalam artikel ini saya ingin membahas secara singkat dan padat mengenai aspek-aspek hukum apa saja yang perlu diperhatikan ketika memulai membuka dan mengelola bisnis startup menurut hukum perusahaan yang berlaku di Indonesia. Aspek hukum ini sebenarnya berlaku bagi semua skala bisnis, baik berupa startup, UKM ataupun perusahaan besar sekalipun.

Belakangan ini saya mendapatkan banyak sekali klien baru yang ingin mendirikan perusahaan baru dan memulai bisnis dengan ide-ide yang sangat kreatif. Seiring dengan trend startup, modal seakan bukan lagi menjadi masalah bagi pebisnis karena yang utama adalah bagaimana menjual ide anda kepada investor. Ditambah lagi dengan efek tax amnesty yang sedang diberlakukan di Indonesia, bisa dibayangkan betapa banyak potensi dana yang masuk ke Indonesia yang tentunya dapat menjadi potensi modal anda untuk menjalankan bisnis, jika anda memiliki ide bisnis yang prospektif bagi investor.

Sebagai konsultan hukum yang telah berkecimpung di dunia hukum perusahaan selama lebih dari 10 tahun, perkenankan saya untuk berbagi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memulai membuka dan mengelola bisnis baru khususnya bagi anda pebisnis startup.

Saya membagi tulisan saya ini menjadi 7 bagian sebagai berikut (silahkan klik link di bawah ini):

ASPEK HUKUM START-UP

Bagian 1: Menentukan Bidang Usaha Secara Tepat

Bagian 2: Mendirikan Jenis Perusahaan Yang Sesuai

Bagian 3: Mengurus Izin Usaha Dengan Efektif & Efisien

Bagian 4: Tentukan Merek dan Daftarkan

Bagian 5: Pentingnya Kontrak Bisnis

Bagian 6: Penuhi Kewajiban dan Laporan Rutin Perusahaan

Bagian 7: Menghadapi Masalah Hukum Yang Mungkin Timbul

 

Semoga keseluruhan artikel-artikel di atas dapat anda nikmati untuk menambah wawasan anda mengenai aspek hukum startup. Jika anda membutuhkan jasa notaris korporasi dalam pendirian dan pengelolaan bisnis startup anda dapat juga menghubungi saya pada kontak di bawah ini.

Selamat memulai membuka dan mengelola bisnis!

 

Salam,

Arko Kanadianto

Phone/WA: +62811822526

Email: arko.kanadianto@corporindo.com

www.corporindo.com

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *